Dalam rangka memperkenalkan Peserta Didik Baru terhadap lingkungan sekolah, SMK YPT PURWOREJO mengadakan Kegiatan MPLS pada hari Senin s.d Rabu, tanggal 22 Juli s.d 24 Juli 2024 yang dikuti oleh seluruh Peserta Didik Baru yang berjumlah kurang lebih 122 peserta didik dari peserta didik baru semua Konsentrasi Keahlian yang dinyatakan diterima dan sudah melakukan daftar ulang .
Tujuan diadakannya MPLS adalah untuk memberikan wawasan, pengetahuan, dan memperkenalkan kepada peserta didik baru tentang pendidikan menengah atas yaitu Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) lebih khusus mengenalkan lingkungan SMK YPT Purworejo serta ruang lingkup yang ada di SMK YPT Purworejo dan melatih peserta didik untuk bertanggung jawab, disiplin, berkarakter baik, sehingga siap menjadi peserta didik yang memiliki kesiapan menjalankan seluruh kegiatan dan mematuhi tata tertib selama menempuh pendidikan di SMK YPT Purworejo.
Kegiatan MPLS tahun ini diawali dengan upacara pembukaan MPLS ditandai dengan penyematan kartu peserta MPLS kepada perwakilan peserta didik baru oleh kepala SMK YPT Purworejo. Dalam sambutan yang disampaikan oleh Bapak Dermawan Widiarinto Dwisunu, S.Pd. selaku Kepala SMK YPT Purworejo saat upacara, beliau menyampaikan pentingnya MPLS bagi “Peserta Didik Baru” untuk mengenal lingkungan sekolahnya yang baru, sehingga diharapkan semua peserta didik akan merasa aman, nyaman dan menyenangkan dalam mengikuti proses pembelajaran nantinya. Acara selanjutnya yaitu perkenalan dewan guru yang akan mendidik para peserta didik baru selama 3 tahun ke depan.
Berikut materi yang disampaikan selama kegiatan MPLS di SMK YPT PURWOREJO Tahun Ajaran 2024-2025:
- Pengenalan sekolah secara umum
- Penyampaian Tata tertib dan Kegiatan Sekolah.
- Penyampaian Materi Kurikulum Merdeka.
- Pengenalan Program Keahlian
- Pengenalan Budaya Sekolah yang diterapkan di SMK YPT Purworejo( Budaya 5S dan Budaya 5R).
- Pembekalan Dasar Kepemimpinan
Dengan kegiatan MPLS ini,diharapkan bisa memberikan kesempatan para peserta didik baru untuk lebih memahami tata tertib dan aturan sekolah dengan baik, memberikan pemahaman tentang tanggung jawab sebagai peserta didik baru dan anggota komunitas sekolah. Memberikan kesempatan bagi peserta didik baru untuk mengembangkan kepercayaan diri mereka melalui pembiasaan Budaya Sekolah dalam rangka penguatan karakter dan kepribadian setiap peserta didik.